Sedang memuat Harga Sembako di Bulan Desember 2016 Update ...

Harga Sembako di Bulan Desember 2016 Update

Thursday, May 19th, 2016 - SEMBAKO
Harga Sembako di Bulan Ramadhan 2016

Harga Sembako di Bulan Ramadhan 2016

Harga Sembako di Bulan Ramadhan 2016 -Bulan Ramadhan atau bulan puasa tinggal menghitung hari lagi. Banyak orang melakukan berbagai jenis persiapan untuk menyambut bulan suci umat Muslim ini. Meskipun bulan tersebut merupakan bulan penuh berkah, sayangnya kenaikan harga sembako di bulan Ramadhan sedikit menyusahkan masyarakat. Bayangkan saja, harga daging sapi yang biasanya hanya berkisar di angka 85 ribu rupiah per kilogram bisa melejit hingga angka sekitar 105 ribu rupiah untuk setiap kilogramnya. Tidak hanya daging sapi, hampir semua harga kebutuhan pokok lain di pasaran juga mengalami kenaikan yang serupa. Sebenarnya apakah yang menyebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengapa harga kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan, terutama pada bulan Ramadhan.

Salah satu penyebab utama kenaikan harga sembako di bulan Ramadhan tersebut adalah karena ulah pelaku pasar yang usil. Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana harga bahan kebutuhan pokok lebih dibeli dibandingkan dengan pada bulan lain. Oleh karena itu, para penjual ingin mengeruk untung sebanyak-banyaknya. Mereka menimbun kebutuhan pokok yang sehari-hari dibutuhkan oleh masyarakat. Penimbun tersebut berharap dengan berkurangnya jumlah bahan kebutuhan pokok yang diperlukan akan membuat harga menjadi naik. Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk para pedagang. Di sisi lain, masyarakat yang membutuhkan sembako mau tidak mau harus membeli dengan harga yang mahal.

Baca Juga : 

Selain penimbunan bahan kebutuhan pokok, arus distribusi juga mempengaruhi kenaikan harga sembako. Distributor perlu menyalurkan bahan kebutuhan pokok ke pasaran agar konsumen dapat membelinya. Kendala yang timbul dalam jalur distribusi tersebut dapat berpotensi menyebabkan kurangnya pasokan kebutuhan pokok di pasaran. Hal ini juga dapat memicu kenaikan harga kebutuhan pokok. Karena peristiwa ini selalu terjadi setiap Bulan Ramadhan dan menyusahkan masyarakat, pemerintah mengambil beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kenaikan harga sembako di bulan Ramadhan. Selain melakukan operasi pasar untuk mencegah pelaku pasar menimbun bahan kebutuhan pokok, pemerintah juga memperbaiki jalan dan jembatan untuk menunjang kelancaran akses distribusi sembako. Dengan demikian, diharapkan harga kebutuhan pokok tetap stabil meskipun Bulan Ramadhan.

Harga Sembako di Bulan Desember 2016 Update | admin | 4.5
/* */