Sedang memuat Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru ...

Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru

Tuesday, November 15th, 2016 - GULA PASIR

Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru

Hargasembakoterbaru.com – Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru. Gula merupakan salah satu sumber karbohidrat yang menjadi energi bagi setiap konsumennya dan juga komoditi perdagangan utama. Paling banyak, gula dijual dalam bentuk kristal sukrosa padat dan di toko atau swalayan seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Superindo, Carrefour, Giant, Superindo, Yogya, Hypermart dan lain sebagainya. Gula dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman atau makanan. Umumnya memang minuman agar menambah rasa manis. Gula sederhana semacam glukosa dapat menyimpan energi yang nantinya digunakan oleh sel. Sementara ini, harga gula pasir masih dibilang standart di tanah air.

Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru – Gula bisa didapatkan dari nira tebu, aren, atau bit gula. Namun meski begitu, ada sumber minor untuk menghasilkan gula, seperti dari kelapa. Sumber-sumber lain, seperti anggur, umbi dahlia, atau bulir jagung juga bisa menghasilkan pemanis semacam gula tapi tidak tersusun dari sukrosa sebagai komponen utama. Proses menghasilkan gula dimulai dari ekstraksi atau pemerasan, lalu distilasi atau penyulingan. Berbeda dengan gula pasir, harga gula merah cenderung naik turun.

Baca juga :

Selain Indonesia sebagai negara penghasil gula terbesar di dunia, ada juga negara-negara besar lain seperti Brazil, Australia, dan Thailand. Pada tahun 1930-an, Indonesia merupakan negara penghasilkan gula terbanyak di dunia, lalu disaingi oleh industri gula baru yang prosesnya lebih efisien. Tepat di tahun 2001/2002 gula yang dihasilkan oleh negara-negara berkembang jumlah meningkat dua kali lupat lebih banyak dibanding dengan gula yang diproduksi oleh para negara maju. Saat ini, penghasil gula terbesar adalah Amerika Latin, negara di kawasan Karibia, dan Asia Timur. Untuk harga gula pasir 1 kg di tiap negara jelas berbeda-beda, tergantung dari ketersediaan, kebijakan dan daya beli di negara tersebut.

Gula pasir adalah komoditi yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat kita. Akhir-akhir ini, harga gula pasir terbaru mengalami kenaikan yang membuat masyarakat resah. Hal tersebut membuat daya beli gula pasir menurun. Salah satu pedagang sembako di Pasar Jaya, Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa naiknya harga gula pasir ini terjadi semenjak dua minggu kemarin. Sebelum itu, gula pasir dibandrol harga Rp 12 ribu per-kg-nya. Saat ini, gula pasir dijual hingga Rp 16.000 perkilogramnya. Naiknya bertahap, bermula di Rp 12.000 menjadi Rp 14.000, kemudian saat ini menjadi Rp 16.000 per kg, katanya ketika berbincang. Pedagang tersebut menjelaskan bahwa kenaikan tersebut terjadi besar kemungkinan disebabkan kurangnya pasokan gula pasir dari produsen, yang mana akhirnya stok barang di pasar menurun. Karena stoknya yang terus menurun dan minat beli tetap, akhirnya harga gula pasir ini menjadi naik. Kurangnya pasokan tersebut disebabkan karena produksi gula di pabrik sedang mengalami pasang surut, sebab memang cuaca yang tidak menetu dan juga banyak petani tebu yang masih belum memasuki musim panen.

Harga gula halus sangatlah tergantung dari ketersediaan atau hasil produksi pabrik seperti di musim hujan kini. Masih belum ada pasokan tebu yang mereka terima untuk memproduksinya. Ada juga cara dari pemerintah diharapkan selalu tanggap dengan kebutuhan masyarakat kecil agar seluruh bahan bisa tercukupi dengan harga yang masih bisa dijangkau. Apabila harga naik, tentu banyak masyarakat yang semakin kesulitan untuk membeli. Gula pasir halus selain bisa digunakan sebagai pemanis minuman juga bisa digunakan untuk menambah rasa makanan.

Selain gula pasir, ada juga jenis gula lain, yakni gula bit. Gula ini mayoritas diproduksi di tempat yang memiliki iklim sejuk, seperti Eropa Barat Laut dan Timur, Jepang Utara dan beberapa wilayah di Amerika Serikat. Musim tumbuh bit berakhir dan akan panen pada bulan September. Mulai panen dan proses dilanjut hingga Maret di beberapa kasus. Lama panen dan proses tersebut dipengaruhi dari ketersediaan tumbuhan dan cuaca. Bit yang telah dipanen bisa disimpan untuk proses selanjutnya, tapi bit yang telah membeku tidak bisa diproses lagi. Saat ini, harga gula pasir per karung juga mengalami perubahan harga dibanding pada bulan-bulan sebelumnya.

Negara pengimpor gula terbesar kini adalah Uni Eropa (UE). UE menerapkan peraturan pertanian setiap kuot maksimum produksi setiap anggota sesuai seperti dengan permintaan, penawaran serta harga. Sebagian besar dari gula tersebut adalah gula “kuota” dari industry levies, sisanya yakni gula “kuota c” yang aka dijual pada harga pasar tanpa subsidi. Di Indonesia sendiri, sumber utama datangnya gula yakni dari tebu. Tebut merupakan tumbuhan asli dari Indonesia, yang mana mayoritas berasal dari bagian Timur. Semakin tinggi ketersediaan tebu atau gula, tentu harga gula pasir hari ini semakin murah. Hal inilah yang sedang diupayakan oleh pemerintah.

Salah satu jenis gula yang tidak patut dilewatkan adalah gula aren. Gula aren banyak diproduksi oleh petani di Kabupaten Rejang lebong. Kini, harga gula aren per kilogramnya menyentuh angka Rp 15.000. Harga tersebut akan turun setalah lebaran. Kata salah satu petani warga desa Air Meles Bawah, Suradi (32), Apabila sudah selesai lebaran, harga gula kembali normal, yakni berada di angka Rp 9.000 sampai Rp 11.000 per kilogramnya. Namun pada momen seperti menjelang puasa atau lebaran, harganya bisa naik hingga Rp 18.000 per kilogramnya. Ketersediaan gula aren sendiri masih mencukupi, karena memang para petani masih menyimpang banyak stok gula aren.

Menurut pengamat Ekonomi, Faisal Basri, harga gula di Indonesia jauh lebih tinggi dibanding di luar negeri. Padahal gula merupakan bahan pokok utama yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah harus segera menstabilkan harga gula. Ditemui di Jakarta, Senin (8/8/2016), Faisal menyatakan “Orang miskin hanya bisa menikmati manisnya hidup dengan gula.”, seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Solusi untuk menekan harga gula adalah dengan menggunakan gula rafinasi. Sayangnya, tidak semua gula menggunakan gula rafinasi. Harga gula rafinasi sendiri jauh lebih murah dibanding segala jenis gula.

Baik, berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai harga gula 1 kg, simak :

Jenis Gula Berat Harga
Gulare Gula Pasir Kuning 5kg Rp 77.900
Gulare Gula Pasir Putih 1kg Rp 12.500
Gulaku Pillow Pack Gula Tebu (Gula Kristal Kuning) 1kg Rp 15.500
Gulaku Gula Kristal Putih Pouch 750g Rp 14.200
Javara Gula Semut Natural 250g Rp 34.200
Javara Gula Semut Cinnamon 250g Rp 31.100
Gulaku Premium 5kg Rp 88.000
GULA PASIR MURNIS 1KG Rp. 10.700
Blora kacang gula pasir 1KG Rp. 9.500
Gula Pasir Saset 1 Rp. 210
Rolas Gula Pasir Putih 1KG Rp. 13.500
Gula Pasir Biasa 1KG Rp. 6.000

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai harga gula halus per kg 2016, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini agar rekan atau kerabat Anda tidak ketinggalan informasinya.

Harga Gula Halus Per kg 2016 Terbaru | Kyky | 4.5
/* */